Kamis, 10 November 2016

PERBEDAAN PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE

Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Offline

1. Modal

Dilihat dari segi modal, bisnis online tentu lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bisnis offline. Jika didunia online, anda bisa membuat toko online secara gratis. Meskipun menggunakan website berbayar tetapi biaya yang ditangguhkan cukup terjangkau sedangkan untuk bisnis offline, anda harus mengeluarkan budget lebih misalnya untuk biaya sewa gedung, pembelian sarana prasarana dll.

2. Jangkauan Pemasaran

  • Bisnis Online mempunyai jangkauan yang sangat luas. Anda berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Karena anda menggunakan media internet yang online ke seluruh dunia dan mampu dilihat oleh seluruh orang dari berbagai kota/wilayah/daerah/negara yang ada.
  • Bisnis Offline, jangkauannya lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar toko atau daerah tersebut saja.
Jika anda menggeluti bisnis offline, jangkauan pemasaran yang dilakukan mungkin cukup kecil karena hanya untuk wilayah tersebut saja, tetapi didunia online? Semua orang bisa mengakses dan mengetahui bisnis anda sehingga jangkauan yang diperoleh lebih luas dan tentunya akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkah hasil yang lebih maksimal.

3. Segi Waktu
Pada umumnya untuk jenis bisnis semacam offline terbatasi oleh waktu yang hanya sekitar 8 – 10 jam kerja. Terlebih jika hari minggu atau hari besar semua toko libur dan hal ini tentunya akan mengurangi pendapatan kita sedangkan jika anda berbisnis didunia online, anda bisa membuka toko online hingga 24jam non stop tanpa ada hari libur.

4. Sistem Pemasaran
Untuk sistem pemasaran di bisnis online, anda cukup memasarkan produk anda melalui sebuah artikel yang dipromosikan di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan pinterest. Sedangkan untuk sistem pemasaran bisnis ofline kebanyakan menggunakan selebaran yang di tebar diberbagai sudut kota agar bisa dijangkau masyarakat luas.

Bisnis online ataupun bisnis offline tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing sebagai contoh ketika anda membeli produk secara online, maka anda harus benar-benar tahu bagaimana kualitas dari produk tersebut karena kita tidak bisa melihatnya secara langsung sedangkan jika anda membeli secara offline, anda bisa memilahnya terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.
  sumber : 
  • fobisnisnesia.blogspot.co.id
  •  rosalinalie.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar